Erste Post von Erfurt..

Update: [images] activated, posted with a photo from my flickr account.

First post from Erfurt will be filled with my mail to my parents.. Here we go..

Ass. Wr. Wb.

Aa baru bisa kirim email lagi sekarang, soalnya kmaren hari sabtu n minggu kan libur jadi ga ke kampus. Kmaren itu, jadual penerbangan yang dikasih, ternyata pake waktu lokal masing2 negara. Kmaren kan berangkat jam 22.25 tea, trus nyampe kuwait jam 06.15 itu teh ternyata waktu kuwait, bukan waktu indonesia. Jadi udah ada perbedaan waktu juga. Jadinya nyampe Frankfurt tuh jam 13.45 waktu Frankfurt, bedanya sama indonesia sekarang 5 jam, jadi aa nyampe Frankfurt tuh di Indonesia udah tanggal 28 jam 18.45.

Waktu di pesawat, kita sempet beberapa kali makan da perjalanannya kan panjang, trus aa sahur pake waktu di darat saat itu, jadinya kita tuh baru buka shaum setelah sampe erfurt, shaumnya jadi panjang banget.. Di sini shubuh jam 05.25 trus maghrib jam 18.57, makin deket ke musim dingin siangnya jadi semakin pendek ntar.. Trus setelah bulan oktober, beda waktunya sama Indonesia jadi 6 jam, sekarang mah masih 5 jam bedanya.

Di Erfurt, kan ada Universitas, ada FH (institut teknik), nah aa mah sama sendy n yudha (senior yang kerja di sana tea) ditempatinnya di asrama Uni, kalo mamat mah di FH sendirian. Asrama ini teh harus bayar, tapi masih belum pasti cenah apakah dibayarin juga ato harus bayar sendiri, masih mau diurus hari rabu besok. Klo bayar, setiap bulannya EU99, sekitar 1,2 juta-an..Jaminan juga harus bayar EU200 tapi itu mah udah pasti bakal dibayar FH, tapi kayanya sih yang 99 itu harus bayar deh, soalnya di suratnya juga kan gak disebut, tapi ya mudah2an sih dibayarin FH juga..

Asramanya enak banget, aa skamar berdua sama bule jerman, Stefan, dia kuliah di Uni jurusan linguistik, jadinya mau ngajarin juga aa bhs jerman cnah.. Kamarnya lumayan gede, klo dibagi dua masih lebih gede dari kamar di kanayakan..hehe..di kamar juga ada pemanas ruangan, jadi klo winter gak akan terlalu dingin di kamar mah. Asramanya juga gede, ada sekitar 6 lantai klo ga salah, aa di lantai 3. Di setiap lantai tuh ada beberapa WG, setiap WG ada 4 kamar. Nah setiap WG itu berbagi 1 dapur, 1 kmr mandi, sama 1 toilet. Di sini keran bisa langsung di minum, trus selalu ada aer panas juga dari keran, jadi klo mandi aer panas ato bikin susu langsung aja dari keran..hehe.. Oya, asramanya dicampur, jadi ada WG laki2, ada juga WG perempuan, tapi gak ada yang satu WG dicampur kok..

Di sini emang masak sendiri di dapur itu. Hari pertama nyampe sini (28), sore2nya langsung diajak yudha belanja ke supermarket. Kmaren blanja macem2, termasuk kornet, tuna, bumbu2 dll. Aa juga beli nasi instan, masaknya tinggal direbus aja sama kantongnya, setelah mateng tinggal dituang aja, klo beli beras biasa gak bisa soalnya di dapur gak ada rice-cooker. Di sini harga2 makanan mahal2, sebagian aja yang rada murah mah.

Studinya mulai sekitar pertengahan oktober, tanggal pastinya belum tau pasti. hari ini (senin) aa udah urus2 perpanjangan visa tea, ntar jadinya tanggal 19 oktober. Trus lngsung ke bank tea, tapi bank hari ini penuh banget, jadinya bikin janji dulu aja, hari rabu mau ke bank lagi, kayanya udah bisa langsung jadi deh hari rabu. Di sini mah ngurus apa2 cepet, kartu mahasiswa aja sejam langsung jadi kmaren hari jumat teh. Nanti hari rabu aa kabarin lagi soal bank tea.

Oya, di sini ada mesjid deket FH tapi, aa kan di Uni, jaraknya gak terlalu jauh sih, naek trem dua kali dari Uni ke FH teh. Oya, karena dah punya kartu mahasiswa sini, naek kendaraan umum (trem/bis) jadi gratis ke mana2 dalam kota ato radius 50km kalo ke luar kota. Di mesjid itu juga ngadain taraweh sama buka bersama terus tiap hari. Kapan2 mau nyobain juga buka sm taraweh di sana da gratis hehe..Tapi sekarang2 mah masih blom berani keluar malem, soalnya isu rasis/anti-pendatang kan masih rada rame di sini.. Tapi besok2 pasti ksana klo udah lebih hafal daerahnya.. Mesjidnya tinggal nyebrang n jalan dikit dari FH, kmaren juga jumatan di situ..

Ok, aa ngabarin segitu dulu aja.. Nanti kalo ada kabar lain lagi aa email..

Wassalam.

Peace. Out.